Komisi 4 DPRD Purworejo Mengaudiensi Regrouping SD Kalirerjo

By Admin Setwan 14 Apr 2021, 10:13:36 WIB Kegiatan
Komisi 4 DPRD Purworejo Mengaudiensi Regrouping SD Kalirerjo

Keterangan Gambar : Komisi 4 DPRD Purworejo saat Mengaudiensi Regrouping SD Kalirerjo


Guna mewujudkan kebijakan terbaik bagi anak-anak yang sedang menempuh pendidikan di tingkat pendidikan dasar, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo pada tahun 2021 ini akan melakukan regrouping atau penggabungan sejumlah Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Purworejo. 

Menurut Bupati, keberadaan tempat pendidikan yang memiliki jumlah murid yang sedikit, akan menyebabkan proses belajar mengajar menjadi tidak sehat. Kebijakan regrouping juga dilatarbelakangi SDM guru mengalami kekurangan yang cukup banyak. Akibatnya terkadang harus diisi tenaga pengajar yang akan menyerap dana operasional BOS.

Bupati menyadari kebijakan ini sedikit banyak akan berdampak pada kondisi keseharian di SD. Orang tua dan siswa akan mengubah rutinitas antar jemput, ada yang menjadi lebih dekat dengan rumah tetapi juga ada yang mungkin menjadi lebih jauh.

Salah satu SD yang masuk daftar regrouping ialah SD Kalirejo di kecamatan Grabag. Merespons hal ini, sejumlah perwakilan dari SD Kalirejo meminta audiensi oleh DPRD Kabupaten Purworejo dengan dinas terkait.

Pada Kamis, (8/4/21) Komisi 4 DPRD Purworejo memfasilitasi audiensi dengan menghadirkan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo dan sejumlah perwakilan SD Kalirejo.

Anggota komisi 4 yang hadir yakni R. Muhammad Abdullah SH, SE, Reko Budiono, dan Nurhidayat Pramudianto. Di hadapan sejumlah anggota komisi 4, perwakilan alumni SD Kalirejo, Asung, mengungkapkan keberatan jika SD Kalirejo harus diregroup. Menurutnya walaupun SD Kalirejo memiliki jumlah murid yang sedikit, tetapi selalu menorehkan prestasi. Terutama di bidang pramuka yang selalu mewakil kecamatan Grabag untuk maju perlombaan.

Sementara itu, Sukidi, guru olahraga SD Kalirejo menyampaikan ungkapan senada. Ia memohon pemkab untuk mempertimbangkan kembali wacana regrouping SD Kalirejo. Menurutnya, SD Kalirejo lebih unggul dibandingkan SD-SD sekitarnya yang akan di-regroup. Jikapun harus diregroup ia berharap lokasinya tetap di SD Kalirejo.

Sukidi menambahkan, SD Kalirejo baru saja  menikmati bantuan dari afirmasi dan bos kinerja berupa sejumlah laptop dan jaringan internet.

R. Muhammad Abdullah SE, SH wakil ketua komisi 4 DPRD Kab. Purworejo yang memimpin rapat audiensi ini mempersilakan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo untuk menyampaikan tanggapan. Dwiyono, selaku perwakilan dari dinas menyampaikan dasar hukum dan alasan mengapa SD Kalirejo masuk daftar regrouping. Menurutnya SD yang diregroup nantinya akan memperoleh banyak keuntungan, salah satunya kualitas pendidik lebih diperhatikan.

Menurut Abdullah komisi 4 dan dinas pendidikan memiliki tujuan yang satu arah. Namun, dalam hal kebijakan harus obyektif dengan mempertimbangkan berbagai masukan agar regrouping lebih tepat. Hanya persoalannya adalah lokasi peletakannya dengan melihat apa pertimbangnnya.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment